Wednesday

Petugas Baitul Mal Gampong Dilantik

JANTHO – Kepala Baitul Mal Aceh Besar, Dr Jasafat MA, Senin (1/6) melantik 300 petugas Baitul Mal Gampong yang direkrut dari 10 kecamatan yang ada. Usai acara pelantikan di Kantor Caniat Peukan Bada, para pengurus Baitul Mal Gampong itu juga inengikuti pelatihan dan sosialisasi menyangkut dengan fungsi dan tugas para petugas Baitul Mal tersebut.

Para pengurus Baitul Mal Gampong direkrut dari 10 kecamatan, yakni Kecarnatan Peukan Bada, Lhoong, Darul Imarah, Ingin Jaya, Blang bintang, Kutabaro, lembah Seulawah, Seulimuem dan dari Kecamatan Pulo Aceh. Pelatihan yang berlangsung sehari penuh itu juga diisi oleh Kepala Baitul Mal Aceh Besar, Dr Jasafat MA, Kakankemenag Aceh Besar, Drs Salahuddin, Ketua MPU Aceh Besar Tek Muhammad dan Dr Badrul Munir LC. Juga ikut menyampaikan materi Nasrullah SAg.


Kepala Baitul Mal Aceh Besar dalam sambutannya mengatakan, bdhwa tujuan pembentukan Baitul Mal Gampong adalah untuk menyosialisasikan dan menghimpun zakat yang dimulai dari masing-masing gampong. Katanya, sampai kini potensi zakat di gampong-gampong sangat besar tetapi belum dikelola dengan baik. Sehingga perrhasalahan umat dan masyarakat gampong sampai hari ini belum terselesaikan.

Sebaliknya jika potensi zakat sudah dikelola dengan baik, maka dengan sendirinya PAD Aceh Besar akan bertambah yang kemudian memungkinkan kabupaten untuk mendapatkan nilai lebih dari Pemerintahan Aceh. Selain itu, para penerima zakat sangat dimungkinkan bertambah yang dengan sendirinya tingkat kesejahteraan masyarakat Aceh Besar semakin bertambahjumlatrnya.

Ikuti sosialisasi

Sementara itu, 90 keuchik di Kota Banda Aceh mengikuti sosialisasi standar operasional prosedur (SOP) pendataan dan penyaluran zakat Baitul Mal yang diselenggarakan Baitul Mal Banda Aceh di aula lantai II Gedung C, Kompleks Balai Kota Banda Aceh, Senin (1/6).

Kegiatan ini dibuka Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal. Ketua Panitia Sosialisasi; Marwidin Mustafa mengatakan kegiatan ini dimaksudkan agar adanya sinkronisasi dalam pendataan dan penyaluran zakat yang dirniliki gampong sama dengan data yang ada di Baitul Mal. tuntutan yang harus kita lakukan, sehingga pendataan dan penyaluran zakat benar-benar bersih, jujur dan adil," kata Marwidin.

No comments:

Post a Comment